PROTUNING

Berapa Biaya Remap Ecu Mobil?

Berapa Biaya Remap Ecu Mobil?

Berapa Biaya Remap Ecu Mobil? Berikut Ulasannya

Mengatasi mobil lemah dengan REMAP
Proutuning.id bersertifikasi dan telah berpengalamana lebih dari 20 tahun

 

Untuk kamu yang berniat untuk mengoptimalkan performa mobil dengan melakukan remap, tentu amat penting untuk mengetahui biaya yang harus dikeluarkan. Remap ECU sendiri memang sudah menjadi hal yang biasa atau lumrah dilakukan oleh para pemilik mobil, tujuannya agar performa mobil maksimal. 

Harga remap beragam bagi setiap mobil, namun rata-rata berkisar di angka 1 juta sampai 3,5 juta. Contohnya saja untuk mobil Honda. Variasi harga remap mulai dari 2,5 juta sampai 3 juta. Sementara itu untuk mobil Toyota seperti Yaris atau Alphard dibanderol Rp 3,25 juta.

Melakukan remap tidak boleh sembarangan. Maka pastikan memilih bengkel dengan tuner profesional dan telah berpengalaman. Dengan demikian, performa mobil dapat meningkat sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Berapa lama remap mobil?

Proses remap ECU mesin mobil umumnya memakan waktu beberapa jam, di mana semakin sulit dan rumit mesin yang dikerjakan maka akan semakin lama juga waktu pengerjaannya. Untuk proses pengerjaan remap ECU mobil Innova bensin sendiri membutuhkan waktu sekitar 1 – 2 jam saja. 

Namun perlu diketahui juga, bahwa ternyata tidak semua mobil Innova baik mesin diesel maupun bensin bisa dilakukan remap ECU. Khususnya untuk mobil Innova diesel dan bensin tahun 2018 ke atas, saat ini belum bisa dilakukan remap ECU karena masih belum bisa di unlock. Proses remap ECU hanya bisa dilakukan apabila ECU pada mesin mobil sudah dapat diunlock

Mau Remap Mobil? Eiits, Jangan Asal Pilih Bengkel!

Sayangnya, ada banyak alat tuner palsu yang disertakan dengan perangkat lunak palsu dan tidak berlisensi. Akibatnya, proses remap justru menimbulkan kerusakan pada mobil. Beberapa kerusakan tersebut mempengaruhi performa mobil, bukannya naik malah turun. Selain itu, ada juga risiko kerusakan ECU saat melakukan remap. 

Untuk itu percayakan kepada bengkel ahli tuner, yang memiliki lisensi, dan berpengalaman. Protuning sendiri telah memiliki standarisasi remap yang mana teknisi tuner profesional, dengan software dan alat asli yang berkualitas. Mulai konsultasikan sekarang ragu melakukan remap di protuning!

Apa Itu Tune Up? dan Apa Bedanya dengan Servis Biasa?

Apa Itu Tune Up? dan Apa Bedanya dengan Servis Biasa?

Apa Itu Tune Up? dan Apa Bedanya dengan Servis Biasa?

Ketika mengunjungi bengkel umum atau bengkel resmi, biasanya terdapat layanan tune up. Kata tune up sejatinya sedikit asing bagi beberapa pemilik kendaraan. Sebab layanan atau model perawatan ini tidak ada di buku servis kendaraan. 

Lazimnya perawatan kendaraan sesuai anjuran pabrikan terdiri dari pengecekan, pergantian komponen, hingga pengencangan baut yang sekiranya kendur. Kemudian ada sejumlah servis lain yang masuk ke dalam paket perawatan atau servis berkala sesuai jarak tempuh atau waktu pakai, tergantung mana yang dicapai terlebih dulu. 

Lalu yang menjadi pertanyaan, apa itu tune up? dan apa bedanya dengan servis mobil biasa?

Sederhananya tune up adalah upaya menstandarisasi kondisi dapur pacu mesin menjadi seperti baru, sehingga performanya menjanjikan kenyamanan dan akselerasi yang bertenaga. Sebab saat kendaraan digunakan akan mengalami penurunan kualitas mesin dan penurunan performanya.

Apabila dilakukan di bengkel resmi, tune up termasuk rangkaian servis berkala, dan tentu harga yang diberikan berbeda antara tune up di bengkel resmi dan di bengkel umum. Sehingga tune up sendiri menjadi bagian dari servis namun dilakukan layanan yang lebih kompleks dari servis mobil biasa. 

Perbedaan Waktu Servis dan Tune Up

Jika Anda ingin mencari tahu perbedaan yang terlihat jelas adalah kapan harus melakukan servis dan kapan mobil perlu di tune up. Kegiatan servis akan dilakukan pertama kali ketika mobil telah mencapai 1.000 km, biasanya masih gratis karena termasuk garansi. 

Mobil perlu diservis kembali pada 30.000 km, 50.000 km dan 70.000 ribu untuk dicek kondisi oli mesin, ban, dan juga mesin. Pengecekan juga dilakukan di 20.000 km, 60.000 km dan 100.000 km untuk pemeriksaan sistem bahan bakar, suspensi serta sistem kemudi. 

Mobil yang telah melalui jarak 40.000 km, 80.000 km dan 120.000 km akan dicek pada bagian busi, kompresor, oli mesin, minyak rem dan filter udara. Apabila terjadi kerusakan pada komponen tersebut, maka akan segera dilakukan penggantian. 

Nah apabila mobil sudah mencapai batas km servis seperti di atas 120.000 km, maka itu adalah waktu yang tepat untuk tune up. Biasanya kegiatan tune up akan dilakukan satu tahun sekali yang dilihat berdasarkan jarak km mobil. 

Tune up juga harus segera dilakukan ketika mobil sudah tidak nyaman lagi dikendarai. Misalnya muncul bunyi dari kolong mobil atau mobil sudah tidak bisa dikendarai dengan mulus. 

Perbedaan Biaya yang Dikeluarkan

Beda layanan yang diberikan maka akan menjadi pembeda dari biaya yang harus Anda persiapkan. Tune up mobil adalah pengecekan mobil secara keseluruhan, otomatis biaya yang dibutuhkan akan lebih besar daripada servis mobil. 

Biaya servis mobil disesuaikan dengan km karena pengecekan yang dilakukan berbeda. Pada km 10 ribu estimasi bisa mencapai Rp 200.000 hingga Rp 400.000. Sedangkan untuk mobil yang mencapai 80 km lebih bisa sampai Rp 1.000.000.. 

Biaya ini juga dipengaruhi dengan jenis mobil, semakin baru tentu harga servis maupun tune up akan jauh lebih mahal. Karena pemeriksaan komponennya menggunakan alat terbaru dan canggih. 

Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk tune up lebih tinggi yaitu mulai dari 300 ribu rupiah sampai dua hingga tiga juta. Biaya ini belum termasuk dengan komponen maupun biaya

Apa Itu Tune Up? dan Apa Bedanya dengan Servis Biasa?
Protuning.id bengkel mobil yang memiliki pengalaman selama 20 tahun terutama di bidang Remap dan Tuning

penggantian fluida untuk mesin.

Biaya servicenya memiliki cukup banyak opsi mulai dari beberapa ratus ribu hingga beberapa juta rupiah. Tergantung dari:

  • Jenis mobil
  • Tingkat kerusakan
  • Paket service yang diambil
  • Jenis spare part yang hendak digunakan

Setelah mengetahui besaran biaya tune up mobil yang lebih mahal daripada servis, Anda bisa mempersiapkannya dari sekarang. 

Butuh jasa bengkel mobil?

Protuning.id adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, Protuners.

Performa Mobil Anda Mulai Loyo, Tune Up Sekarang

Performa Mobil Anda Mulai Loyo, Tune Up Sekarang

Performa Mobil Anda Mulai Loyo? Cek Paket Tune Up Berikut

Memiliki mobil pribadi maka kita memiliki tanggung jawab untuk merawat mobil agar tidak terjadi kerusakan dan dapat terus digunakan, maka terdapat berbagai macam jenis perawatan mobil dan layanan perbaikannya. Salah satunya adala tune up yang merupakan upaya meningkatkan performa mesin mobil. 

Untuk itu sebaiknya kita tahu kapan melakukan servis rutin dan berapa biaya yang dibutuhkan. Waktu yang ideal untuk melakukan perawatan tune up mobil baiknya dilakukan tiga bulan sekali atau setiap 5.000 kilometer.

Sekarang ini sudah banyak bengkel umum yang memiliki alat scanner. Alat tersebut berfungsi memeriksa catatan kerusakan yang tersimpan di ECU.

Biaya tune up biasanya lebih murah di bengkel umum, karena bengkel umum tidak menetapkan profit yang terlalu tinggi. Lantas, betapa kira-kira selisihnya?

Selisih Biaya Tune Up Bengkel Umum dan Bengkel Resmi

Untuk wilayah Jakarta, Berikut ini rincian biaya perawatan beberapa model terlaris Toyota:

  • Toyota Agya Rp207.000
  • Toyota Calya Rp207.000
  • Toyota Avanza Rp247.500
  • Toyota Innova Rp289.000

Sementara itu, biaya perawatan sekaligus tune up mobil di bengkel resmi Toyota akan terbagi sesuai dengan jenis transmisi yang digunakan. Biaya perbaikan untuk generasi terbaru akan lebih mahal, seperti berikut :

  • Toyota Avanza Rp 378.500
  • New Toyota Avanza Rp 472.000
  • Innova Diesel Rp 842.000
  • Innova Bensin Rp 714.000
  • Innova Reborn Diesel Rp 943.000
  • Innova Reborn Bensin Rp 714.000
  • Toyota Calya Rp 472.000
  • Toyota Agya 1.0 Rp 375.000
  • Toyota Agya 1.2 Rp 472.000

Tune up sendiri adalah perawatan mesin ringan pada mobil untuk mengembalikan performa. Hal ini perlu dilakukan saat mesin mobil performanya dianggap kendor dan bertujuan untuk mengembalikan performanya.

Biasanya perawatan tune up dilakukan saat mobil sudah berusia di atas 5-10 tahun. Hal tersebut terbilang wajar, mengingat umur mobil membuat mesin mengaami pengurangan daya dan performa sehingga perlu mendapatkan penyegaran. Tune up meliputi pemeriksaaan busi mobil, pompa besin, segala sistem kelistrikan pada mobil, saringan udara, saringan bensin, hingga throttle body. Cara ini juga bisa sekaligus mengecek beberapa komponen yang terdapat di dalam kendaraan Anda, apakah masih terlihat sehat atau harus segera mendapatkan penggantian.

Apa Bedanya Tune Up dan Servis Biasa?

Mungkin banyak yang bertanya, apakah tune up sudahh termasuk servis? dan apa bedanya?

Pada dasarnya, tune up memang dilakukan ketika Anda melakukan sevis atau perawatan terhadap kendaran anda secara rutin ke bengkel. Akan tetapi, tune up dan servis rutin prakteknya jelas berbeda.

Tune up mobil mempunyai variasi pekerjaan yang jauh lebih banyak dibanding servis mobil biasa. Tidak heran jika tune up butuh biaya yang cenderung lebih tinggi dibanding servis kendaraan roda empat biasa. Jadi, servis mobil biasa hanya mencakup atau terbatas pada pengecekan beberapa bagian saja. Antara lain: filter udara, pengecekan fluida, pengecekan sistem injeksi hingga pengecekan bagian yang ada di dalam mesin tanpa melakukan pembongkaran.

Lain halnya dengan tune up, kegiatan tersebut meliputi perawatan mobil yang lebih lengkap hingga ke bagian dalam mesin kendaraan. Bahasa gampangnya, mekanik juga melakukan penyetelan dan membersihkan beberapa bagian tadi.

Bagi mobil dengan sistem non injeksi, maka wajib melakukan membersihkan dan menyetel karburator. Demikian juga dengan mobil injeksi, pada bagian throttle body biasanya akan dibersihkan menggunakan cairan cleaner.

Pada mesin dengan sistem katup konvensional maka wajib untuk melakukan pengecekan dan penyetelan celah katup. Tujuannya, agar katup bisa terus berada dalam kondisi standar dan kerja optimal. Adapun kisaran celah standar atau normal katup ialah 0,2 hingga 0,3 mm.

Biaya servicenya memiliki cukup banyak opsi mulai dari beberapa ratus ribu hingga beberapa juta rupiah. Tergantung dari:harga tune up mobil

  • Jenis mobil
  • Tingkat kerusakan
  • Paket service yang diambil
  • Jenis spare part yang hendak digunakan

Itulah ulasan terkait harga bengkel resmi Honda vs Protuning. Semoga informasi ini berguna bagi Protuners ,dan jangan lupa dipraktekkan! Semoga beruntung 

Butuh jasa bengkel mobil?

Protuning.id adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, Protuners.

 

Update! Berikut Berapa Biaya Tune Up Mobil

Update! Berikut Berapa Biaya Tune Up Mobil

Update! Berikut Berapa Biaya Tune Up Mobil

Setiap mobil memerlukan perawatan rutin agar performa mobil terjaga dengan baik dan mobil akan terjaga dari berbagai kerusakan, salah satu upaya untuk menjaga performa mobil yaitu tune up, namun masih banyak yang ragu akan harga tune up, maka berikut beberapa rangkuman biaya tune up yang dapat menjadi bahan rujukan bagi Anda yang akan melakukan tune up.

Untuk harga standar tune up mobil yang ditawarkan di bengkel umum biasanya berkisar antara Rp 350.000,00 hingga Rp 500.000,00. Harga tersebut akan menyesuaikan dengan perawatan atau proses pengecekan apa saja yang dilakukan pada mobil Anda.

Perlu diingat, harga tersebut biasanya belum termasuk dengan biaya untuk penggantian atau perbaikan komponen yang sudah rusak atau sudah tidak layak digunakan pada mobil Anda. 

Biaya tune up mobil di bengkel resmi

Kisaran biaya: Rp 3.000.000 

Jika kalian melakukan proses tune up di bengkel resmi, tentunya biaya yang dibutuhkan bisa lebih besar berkali-kali lipat. Ini disebabkan bengkel resmi memiliki SOP (Standard Operational Prochedure) pengecekan mobil yang jelas, intinya mobil kalian akan dicek secara detail dan meyeluruh jika tune up dilakukan di bengkel resmi. Sparepart yang disediakan juga tentunya merupakan produk resmi dan original.

Kalian tetap perlu berhati-hati jika melakukan tune up mobil di bengkel resmi karena seringkali mekanik menyarankan komponen harus diganti, padahal kualitas komponen masih terjaga dengan baik. Tentunya kalian tidak mau bukan, harus mengeluarkan uang lebih untuk penggantian sparepart yang masih baik kualitasnya?

Komponen yang biasanya dicek saat proses tune up

1. Karburator dan throttle body

Untuk mobil non injeksi akan dilakukan pengecekan karburator, setelah proses cek karburator selesai maka RPM mobil akan disetel ulang.

Mobil injeksi akan dilakukan pengecekan pada throttle body, jika perlu untuk dibersihkan maka biasanya mekanik akan menggunakan carbu cleaner.

2. Filter udara

Filter udara merupakan komponen penting yang harus dipastikan kebersihannya. Jika kondisi kotor, bisa-bisa suara mesin akan menjadi kasar dan komponen mobil lainnya pun bisa mengalami resiko kerusakan.

3. Celah busi

Busi juga merupakan komponen penting yang harus rutin dicek berkala. Jika busi bekerja dengan baik, maka api yang keluar tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Jika api yang keluar dirasa tidak benar, maka celah busi akan disetel ulang oleh mekanik.

4. Celah katup

Untuk celah katup biasanya mobil yang belum memiliki Hydraulic Lash Adjuster (HLA) akan diperiksa. Jika penyetalan celah katup salah, bisa-bisa menyebabkan mobil mengeluarkan suara berisik, tenaga berkurang, dan bisa menyebabkan kebocoran pada kompresi.

5. Aki

Tegangan pada aki tentunya sudah kalian ketahui harus rutin diperiksa. Jika daya listrik pada aki sudah melemah, biasanya mekanik akan menyarankan untuk mengganti aki ataupun mengisi ulang daya.

Jika kondisi aki dibiarkan melemah, bisa-bisa komponen mobil yang memerlukan listrik tidak menyala dan mesin juga biasanya tidak bisa untuk dinyalakan.

6. Cairan mobil

Biasanya pada saat proses tune up, maka kondisi oli mesin, oli transmisi, oli gardan, oli power steering dan minyak rem akan dicek kondisinya.

Nah, itu dia biaya tune up mobil. Tune up mobil bertujuan baik untuk tetap menjaga mesin mobil tetap prima performanya.

 

harga tune up mobil
Protuning.id bengkel mobil yang memiliki pengalaman selama 20 tahun terutama di bidang Remap dan Tuning

Biaya servicenya memiliki cukup banyak opsi mulai dari beberapa ratus ribu hingga beberapa juta rupiah. Tergantung dari:

  • Jenis mobil
  • Tingkat kerusakan
  • Paket service yang diambil
  • Jenis spare part yang hendak digunakan

Itulah ulasan terkait Update! Berikut Berapa Biaya Tune Up Mobil. Semoga informasi ini berguna bagi Protuners ,dan jangan lupa dipraktekkan! Semoga beruntung 

Butuh jasa bengkel mobil?

Protuning.id adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, Protuners.

Tune Up Mobil: Kenali Pengertian dan Caranya

Tune Up Mobil: Kenali Pengertian dan Caranya

Tune Up Mobil: Kenali Pengertian dan Caranya

Apa yang dimaksud dengan tune up? Tune up berasal dari kata tune dan up, artinya menyeting kembali. Jadi, tune up mobil adalah sebuah pekerjaan untuk menstandarisasi semua komponen dan sistem pada kendaraan seperti semula baik dengan cara penyetelan, atau pembersihan. 

Istilah tune up sudah berubah secara drastis sejak kata ini digunakan pertama kalinya di industri automotif. Lebih dari 50 tahun tune up memilki arti sistem pembakaran dari kendaraan. Kondensor dan breaker point akan diganti atau disesuaikan, distributor cap dan rotor akan diinstal, timing pembakaran akan ditentukan, dan karburator kendaraan akan disesuaikan serta di tuned untuk mendapatkan performa yang optimal

Proses ini mirip seperti saat Anda sedang melakukan penyesuaian pada instrumen musik, sistem pembakaran dan bahan bakar harus bekerja dengan cara yang sesuai dengan satu sama lain supaya bisa menghasilkan performa optimal, terlepas dari istilahnya. Kendaraan yang tua sering mendapatkan masalah ini.

Pentingnya Tune Up

Mesin kendaraan kamu akan kehilangan efisiensinya setelah kamu menggunakannya dalam waktu yang cukup lama. Tune up memberikan pemeliharaan untuk kamu memperbaiki kerusakan ini, yang akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar kendaraan sampai 4-12%.

Ditambah, tune up bisa mencegah masalah kecil untuk berubah menjadi masalah yang besar. Saat kamu keluar dari bengkel, mobil kamu akan memiliki performa yang lebih baik, tingkat keselamatan yang lebih tinggi, dan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi.

Dengan melakukan tune up secara reguler, kamu akan menginvestasikan kesehatan jangka panjang dari mobil kamu dan seiring berjalannya waktu hal ini akan membantu kamu untuk lebih berhemat, baik hemat waktu maupun uang. Pikirkan hal ini sebagai hal yang bisa membuat mesin mobil kamu memiliki umur tambahan.

Cara Tune Up Mobil

Tahukah Anda, beberapa komponen yang digunakan di dalam mobil memiliki sifat yang sangat sensitif? Hal tersebut mewajibkan Anda sebagai pemiliki mobil untuk melakukan pengecekan secara berkala untuk setiap komponennya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan tune up mobil pada beberapa komponen:

1. Pengecekan pada Karburator serta Throttle Body

Untuk mobil dengan sistem non-injeksi, Anda harus melakukan pengecekan serta pembersihan karburator secara berkala. Jangan lupa juga untuk melakukan penyetelan RPM pada karburator.

Lalu, jika mesin yang Anda gunakan sudah memiliki sistem injeksi di dalamnya, Anda hanya harus melakukan pengecekan serta pembersihan pada bagian throttle body.

2. Pengecekan pada Baterai dan Aki Mobil

Tegangan aki saat kondisi mesin mati harus berada di angka 12 Volt. Lalu saat kondisi mesin menyala, tegangan aki maksimal hanya boleh mencapai 14 Volt. Selain tegangan, Anda juga harus melakukan pengecekan kapasitas arus menggunakan battery tester. Anda dapat melihat standar arus listrik yang digunakan pada aki Anda di cover baterai aki.

3. Pengecekan serta Pembersihan Filter Udara

Bagian filter udara wajib untuk Anda cek dan bersihkan secara berkala. Untuk proses pembersihan sendiri biasanya menggunakan angin bertekanan agar debu yang berada pada permukaan filter dapat hilang.

Jika kondisi permukaan filter udara pada mobil Anda sudah sangat kotor, mau tidak mau Anda harus menggantinya. Filter udara yang sudah terlalu kotor akan sulit dibersihkan, bahkan sekalipun dibersihkan akan kotor kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama.

4. Pengecekan serta Penyetelan Celah Katup

Jika mesin mobil yang Anda kendarai menggunakan sistem katup konvensional (mesin non-injeksi), maka wajib bagi Anda untuk melakukan proses penyetelan celah katup. Hal tersebut dilakukan agar katup tetap berada di posisi standar.

Celah normal katup seharusnya berada di kisaran 0,2 mm hingga 0,3 mm. Celah yang terlalu lebar akan menyebabkan suara mesin yang berisik dan kurang bertenaga. Lalu jika celah terlalu kecil dapat menyebabkan kebocoran pada kompresi.

5. Pengecekan pada Berbagai Fluida

Sebagai pemilik mobil, Anda juga harus memerhatikan dan mengecek seluruh fluida yang digunakan di dalam mobil seperti oli mesin, minyak rem, oli transmisi, oli power steering, hingga oli gardan.

Tidak hanya mengecek volumenya, Anda juga harus selalu melakukan pengecekan pada kondisi oli apakah masih layak dan mampu untuk melumasi mesin mobil Anda.

6. Pengecekan pada Tegangan V Belt

V belt harus selalu dicek kondisi serta tingkat ketegangannya. V belt yang terlalu kendor harus segera di setel ulang, namun perlu diingat proses penyetelan tersebut hanya berlaku pada mesin yang memiliki tensioner manual (tensioner ulir).

7. Pengecekan serta Pembersihan pada Celah Busi

Meskipun celah busi sudah diatur dari pabrikan, namun karena penggunaan serta interaksinya dengan tekanan kompresi, maka kemungkinan celah busi mengalami perubahan itu tetap ada. Itulah mengapa Anda harus selalu mengecek dan membersihkan celah busi agar api yang keluar dari busi tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Peralatan yang Digunakan untuk Tune Up Mobil

    • Kunci pas ring.
    • Tester kompresi.
    • Multi tester
  • Feeler gauge (alat pengukur celah yang berada di antara dua permukaan komponen).
  • Obeng plus.
  • Obeng minus.
  • Alat penyetel penyalaan.
  • Alat pengukur kecepatan rotasi dan tachometer.

 

 

Remap ECU Mobil BMW Apa Boleh? Simak Berikut Ulasannya!

Remap ECU Mobil BMW Apa Boleh? Simak Berikut Ulasannya!

Remap sudah tidak asing lagi bagi pemiliki mobil, fungsinya untuk kalibrasi ulang ECU mobil sehingga bisa disetting sesuai dengan yang diinginkan. sehingga dapat meningkatkan performa mobil menjadikan remap banyak pemilik kendaraan melakukan remap. Namun bagaimana dengan mobil keluaran Eropa seperti BMW? Apakah boleh dilakukan proses remap pada mobil BMW? 

Jawabannya tentu boleh.

Program hidden fiture di BMW membuat irit kendaraan, menambah akselerasi, memanipulasi data Control Unit, dan sebagainya menemukan celah untuk dimaksimalkan. Namun jangan sampai Anda melakukan remap secara ilegal ya! karena akan berdampak sangat fatal diantarnya garansi BMW Service Inclusive Anda bisa hilang. Selain itu, kesalahan program kalibrasi atau error code di hidden fiture malfunction kendaraan Anda tidak terbaca dengan baik. Sangat fatal jika ada masalah dikendaraanmu. Feeling berkendara anda/indikator mobil menganggap itu tidak masalah bisa-bisa membuat Engine hungting karena coil mati, engine failure, bahkan lebih parah lagi jika pecah engine block karena super knocking. Maka dari itu illegal Remap sangat tidak dianjurkan.

Secara teori memang remap mobil dapat meningkatkan performa BMW Anda dan tentunya menghemat proses pembakaran bahan bakar kendaraan, namun jika Anda melakukan remap secar sembarang dan illegal akan riskan menyembabkan kerusakan pada mobil BMW dan kehilangan garansi service resmi. Untuk itu percayakan remap kepada ahli remap terpercaya, khusus BMW Anda dapat mempercayakan layanan remap kepada Protuning! layanan remap kami sudah tersertifikasi dan dilayani oleh teknisi remap berkompeten, sehingga proses remap terjamin aman dan tentunya hasil yang optimal untuk kendaraan Anda.

Ingin Remap ECU? Percayakan ada Protuning.id!

Mengatasi mobil lemah dengan REMAP
Proutuning.id bersertifikasi dan telah berpengalamana lebih dari 20 tahun di bidang Remap dan Tuning

Jika anda ingin remap ECU mobil, maka di Protuning.idlah jawabannya. Karena, Protuning.id merupakan salah satu rekomendasi bengkel terpercaya untuk remap ECU. Protuning.id hadir sebagai solusi untuk anda yang menginginkan performa mobil anda seperti baru.

Jangan khawatir, remap ECU di Protuning.id akan ditangani langsung oleh teknisi dan montir yang telah berpengalaman. Selain itu, Protuning.id akan memberikan garansi untuk layanan remap ECU. Sehingga setelah remap ECU kembali normal, maka setelah itu kami akan melakukan penyetelan untuk mobil anda. 

Kami dapat membantu anda untuk melakukan penyetelan mobil seperti semula, bagi anda yang ingin menyetel ECU mobil agar kembali normal. Jadi tunggu apalagi, segera ke cabang Protuning.id terdekat agar masalah mobil anda yang terasa lemah di tanjakan dapat segera diatasi.

Memahami Remap ECU Mobil dan Fungsinya

Memahami Remap ECU Mobil dan Fungsinya

Remap ECU (engine control unit) atau lebih banyak dikenal oleh pengguna mobil dengan istilah tuning ECU (engine control unit) ini pada dasarnya merupakan sebuah proses untuk melakukan kalibrasi dari electronic control unit pada mesin mobil atau bisa dikatakan sebagai proses dari melakukan setting ulang pada sistem engine control unit (ECU) yang menggunakan software tertentu untuk menyesuaikan kebutuhan.

Pada era modern seperti saat ini pun berbagai jenis dari kendaraan tentu sudah memiliki komponen mesin yang dipadukan dengan teknologi canggih misalnya seperti injeksi dan hal ini pun juga sama seperti mesin mobil konvensional karburator di mana mesin mobil yang kental dengan sistem komputerisasi ini akan dibuat menjadi lebih gesit dan tentunya lincah. Agar hal tersebut bisa terjadi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan setting ulang pada sistem yang menjadi otak pada mobil yaitu ECU (engine control unit)

Manfaat Remap ECU Mobil

Mayoritas pemilik mobil melakukan remap ECU untuk meningkatkan performa mesinnya. Pasca melakuan tuning, biasanya bengkel tunner mengklaim mampu meningkatkan tenaga mobil hingga 10%.

Torsi Lebih Galak

Bukan hanya memperbesar tenaga mesin saja, namun daya torsi yang diraih setelah remap ECU juga akan meningkat. Jadi jika akselerasi awal mesin mobil lemot, maka setelah dilakukan remap ECU tarikan mesin di RPM bawah lebih responsif alias galak.

Tarikan RPM Lebih Enteng

Bukan cuma memberikan tingkat akselerasi yang baik pada tarikan bawah, putaran rpm tengah hingga atas juga terasa lebih ngejambak. Hal seperti ini tentunya sangat disukai para pecinta kecepatan ketika berkendara ke luar kota.

Konsumsi BBM Lebih Efisien

Selain mampu membuat performa dan torsi mesin mobil lebih optimal, remap ECU diklaim berdampak pula pada tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien. Tingkat keiritannya setelah melakukan tuning pada sistem komputer ini disinyalir mencapai 2-3 kilometer per liter dari setelan pabrikan.

Ingin Remap ECU? Percayakan ada Protuning.id!

Mengatasi mobil lemah dengan REMAP
Proutuning.id bersertifikasi dan telah berpengalamana lebih dari 20 tahun

Jika anda ingin remap ECU mobil, maka di Protuning. jawabannya. Karena, Protuning.id merupakan salah satu rekomendasi bengkel terpercaya untuk remap ECU. Protuning.id hadir sebagai solusi untuk anda yang menginginkan performa mobil anda seperti baru.

Jangan khawatir, remap ECU di Protuning.id akan ditangani langsung oleh teknisi dan montir yang telah berpengalaman. Selain itu, Protuning.id akan memberikan garansi untuk layanan remap ECU. Sehingga setelah remap ECU kembali normal, maka setelah itu kami akan melakukan penyetelan untuk mobil anda. 

Kami dapat membantu anda untuk melakukan penyetelan mobil seperti semula, bagi anda yang ingin menyetel ECU mobil agar kembali normal. Jadi tunggu apalagi, segera ke cabang Protuning.id terdekat agar masalah mobil anda yang terasa lemah di tanjakan dapat segera diatasi.

Remap ECU dan Manfaatnya Bagi Mobil Anda

Remap ECU dan Manfaatnya Bagi Mobil Anda

Remap ECU (Engine Control Unit) bisa Anda lakukan untuk meningkatkan performa mesin mobil. Dengan remap ECU, tenaga mobil bisa ditingkatkan sampai 10 persen lebih. Cara ini merupakan proses menyetel ulang ECU agar tenaga mesinnya sesuai dengan yang kamu inginkan. Itulah, gambaran sedikit remap ECU dan manfaatnya bagi mobil Anda.

Remap ECU diartikan sebagai proses melakukan kalibrasi atau setel ulang ECU, Proses remap biasanya menggunakan alat bantu komputer, tablet atau laptop yang telah dipasangkan dengan aplikasi tertentu di dalamnya.

Apa manfaat remap ECU bagi Mobil?

Jika dilakukan secara benar dan dikerjakan oleh ahlinya, proses remap ECU bisa memberi dampak signifikan peningkatan tenaga. Beberapa bahkan mendapatkan manfaat efisiensi bahan bakar yang lebih optimal. Misal pada contoh remap ECU Toyota Kijang Innova bermesin diesel, 2KD-FTV secara pabrikan memiliki tenaga 102 daya kuda. Namun setelah mengalami kalibrasi ECU tenaganya meningkat sampai 116 daya kuda. 

Konsumsi BBM juga meningkat, dari 1 liter untuk rata-rata jarak tempuh 12 kilometer, setelah disetel ulang menjadi 14 kilometer per liter solar.  

Selain itu, berikut beberapa manfaat remap ECU lainnya yang bisa didapatkan.

  1. Torsi lebih nendang. Penyetelan ulang ini biasanya langsung terasa menambah daya torsi. Sehingga pada putaran bawah mobil sudah terasa galak dan bertenaga. 
  2. Tarikan atas lebih enteng. Setelah torsi bawah lebih powerfull, imbas lain terasa pada tarikan menengah dan atas yang lebih enteng dan makin responsif. 

Berapa harga map ECU? Untuk proses remap ECU mobil bermesin bensin diperkirakan memerlukan dana paling murah Rp 2.250.000 hingga Rp 4.000.000. Sedangkan mobil diesel diperkirakan minimal menghabiskan Rp 3.250.000

Setelah memahami manfaat dari remap ECU mobil, sudah Anda pahami bahwa manfaat proses remap sendiri untuk mengembalikan tenaga dan meningkatkan performa mesin mobil. Remap ECU harus dilakukan oleh teknisi handal profesional. Maka percayakan kepada bengkel yang telah berpelalaman melakukan remap. Protuning sendiri sudah lama dikenal sebagai ahli remap ECU mobil handal. memiliki tenaga teknisi profesional, alat dan software remap berstandar, sehingga dapat menjadi tempat untuk mobil kesayangan Anda untuk dilakukan proses remap ECU. Jangan ragu untuk memulai remap ECU di Protuning dan mulai rasakan performa mobil Anda!

Ingin Remap ECU? Percayakan ada Protuning.id!

Mengatasi mobil lemah dengan REMAP
Proutuning.id bersertifikasi dan telah berpengalamana lebih dari 20 tahun

Jika anda ingin remap ECU mobil, maka di Protuning.idlah jawabannya. Karena, Protuning.id merupakan salah satu rekomendasi bengkel terpercaya untuk remap ECU. Protuning.id hadir sebagai solusi untuk anda yang menginginkan performa mobil anda seperti baru.

Jangan khawatir, remap ECU di Protuning.id akan ditangani langsung oleh teknisi dan montir yang telah berpengalaman. Selain itu, Protuning.id akan memberikan garansi untuk layanan remap ECU. Sehingga setelah remap ECU kembali normal, maka setelah itu kami akan melakukan penyetelan untuk mobil anda. 

Kami dapat membantu anda untuk melakukan penyetelan mobil seperti semula, bagi anda yang ingin menyetel ECU mobil agar kembali normal. Jadi tunggu apalagi, segera ke cabang Protuning.id terdekat agar masalah mobil anda yang terasa lemah di tanjakan dapat segera diatasi.

Jangan Tunggu Gerah, Berikut Waktu Ideal Servis AC

Jangan Tunggu Gerah, Berikut Waktu Ideal Servis AC

Melakukan perawatan AC adalah bagian yang sangat penting agar fungsi dari AC di mobil Anda tetap berjalan optimal, Servis AC biasanya didasarkan pada waktu tertentu. Waktu servis berkala itu sendiri disesuaikan dengan kondisi lingkungan, apakah pemilik mobil tinggal di kota besar seperti Jakarta, ataukah di pedesaan dan wilayah lainnya. Pertanyaanya, kapan waktu yang ideal untuk service AC mobil?

Banyak diantaranya pemilik kendaraan mobil melakukan servis  AC ketika kondisinya sudah mulai mengalami penurunan performa, padahal hal itu tidak sangat disarankan karena jika menunggu AC menjadi panas, akan berdampak menjadikan AC mengalami kerusakan. 

Standarnya melakukan servis AC mobil per 10 ribu kn atau 1 tahun untuk servis  reguler AC, standar itu biasanya untuk pengguna mobil di kota besar seperti Jakarta. Bagi mereka yang tinggal di pedesaan, servis  bisa dilakukan per 20 km. Hal ini terjadi karena udara pedesaan pada dasarnya lebih bersih dibanding di kota.

Beda lagi apabila di daerah pertambangan. servis  bisa dilakukan per 3 ribu km, karena di daerah tambang udara lebih kotor.

Ada dua jenis servis AC yang dilakukan berkala. Untuk yang tahunan, jenis servisnya adalah servis kecil. Pada jenis servis ini, umumnya yang dilakukan adalah pembersihan evaporator dan filter agar kotoran dapat kembali disaring dengan maksimal.

Sementara servis besar dilakukan dengan cara pembersihan menyeluruh, misalnya evaporator dicuci dan freon diisi ulang. Waktu yang disarankan untuk melakukan servis besar ini adalah dua tahun sekali.

Setelah memahami jadwal servis AC mobil, saatnya Anda tentukan tempat servis langganan Anda untuk servis rutin. Percayakan kepada layanan servis AC yang sudah memiliki pengalaman perawatan dan menangani berbagai kendala AC secara profesional.

Protuning AC service adalah one stop service bagi Anda yang ingin melakukan perawatan dan memperbaiki AC mobil. Percayakan servis rutin AC mobil Abda kepada kami, teknisi handal Protuning siap membantu Anda dengan pelayanan maksimal dan ditunjang dengan standarisasi servis yang tinggi, untuk menjamin kepuasaan pelanggan.

Itulah informasi mengenai waktu yang ideal servis AC mobil. Semoga tips ini bermanfaat dan Anda selalu dapat berkendara dengan aman.

Penting, Ini Waktu Ideal Servis AC Mobil
SAATNYA SERVICE AC ANDA DI SINI!

Cari bengkel mobil terdekat di Tangerang? Ke Protuning.id saja.

Bagi anda yang memiliki masalah mobil, sangat penting untuk segera menyelesaikan masalah tersebut. Jangan tunggu kerusakan semakin parah dan menyebar pada komponen mobil lainnya.

Silahkan mengunjungi Protuning.id di alamat berikut ini:

Protuning.id

Bumi Serpong Damai (BSD), No 32 Blok V2 Sektor 2 Utara, Rawa Buntu, Serpong Sub-District, BSD – Tangerang

Phone: 081398607153 | Email: protuning.id@gmail.com

Selain mereservasi di alamat dan kontak di atas, andapun bisa berkonsultasi terlebih dahulu di nomor phone/wa tersebut.

Itulah beberapa hal seputar Protuning.id. Semoga bermanfaat untuk anda yang memang membutuhkan bengkel mobil terdekat dengan domisili anda. Apapun mobilnya, di Protuning.id #pastiberes.

Protuning.id, Solusi Bengkel Mobil Terdekat di wilayah Serpong

Mari Mengenal Komponen AC Mobil & Fungsinya

AC memiliki fungsi yang penting di dalam kabin mobil, yaitu sebagai pendingin udara dan menjadikan pengemudi menjadi nyaman saat berkendara. Namun banyak yang belum mengetahui berbagai komponen pada AC mobil, lantas apa saja komponen yang ada pada AC? berikut ulasannya.

  • Mari Mengenal Komponen AC Mobil & Fungsinya
    Protuning.id telah mengatasi berbagai permasalahan segala jenis mobil

    Kompresor

Kali ini diawali dengan piranti yang mendominasi kinerja AC yakni kompresor. Fungsinya sangat penting yaitu sebagai pemompa freon yang kemudian disalurkan pada seluruh bagian sistem AC. Tanpa kompresor, AC mobil tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Sekarang mari kita beralih ke komponen penting lainnya yaitu kondensor. Seperti halnya kompresor, kondensor juga memiliki fungsi yang sangat penting, bertindak sebagai pendingin dengan memancarkan aura panas freon. Proses pendinginan ini melibatkan cooling fan.

  • Receiver Dryer

Setelah selesai membahas kondensor, komponen lain yang juga keberadaannya tidak kalah penting yaitu receiver dryer. Fungsi dari receiver dryer adalah menyaring kembali seluruh kotoran yang tidak sengaja masuk pada sistem AC. Seluruh kotoran yang masuk disaring oleh Receiver Dryer. Mengingat fungsinya sebagai penyaring debu dan benda kotor, maka Anda harus secara rutin membersihkan bagian ini. Setidaknya bersihkan minimal satu tahun sekali untuk menghindari kerusakan AC.

  • Expansion Valve

Apa Anda pernah melihat AC mengeluarkan semacam cairan? Bisa jadi cairan tersebut merupakan freon berbentuk cair yang tidak sengaja terlepas. Maka dari itu, dalam AC mobil, terdapat sebuah komponen yang dinamakan expansion valve.

Fungsi dari expansion valve yaitu mengubah freon yang bentuknya cair agar menjadi bentuk gas dengan melewati proses spraying. Proses spraying ini digunakan untuk membuat suhu pada freon bisa menjadi lebih dingin sebelum akhirnya dimasukkan ke evaporator.

  • Evaporator

Bagian selanjutnya yaitu evaporator. Freon yang diambil di evaporator didinginkan terlebih dahulu sebelum dialirkan ke kabin. Hasil pendinginan yang dihasilkan evaporator ini menghasilkan udara segar dan sejuk di dalam kabin. Evaporator ini memiliki nama lain – filter AC mobil. Prinsip kerja alat penguap ini sedikit mirip dengan kondensor. Dinginnya Freon dikembalikan ke bagian dalam inti. Inti memiliki sirip seperti konduktor.

×