Seiring dengan berjalannya waktu, kondisi mesin pada mobil akan menurun, salah satu masalahnya seperti mesin mobil tidak bisa langsam hingga mesin mati mendadak. Namun jangan panik terlebih dulu ya. Kondisi mobil yang tidak bisa langsam atau idle bukan berarti rusak parah hingga tidak bisa diperbaiki. Anda perlu mengetahui apa penyebabnya.
Langsam sendiri merupakan suatu kondisi yang menunjukkan bahwa putaran mesin berada pada situasi yang stabil, efisien dan ideal tanpa harus menekan pedal gas sehingga mobil nyaman untuk digunakan Putaran rpm mesin langsam ini sangat diperlukan agar mesin tidak mati. Putaran rpm mesin untuk kondisi langsam atau idle biasanya berada pada 750-850 rpm.
Penyebab Mesin Mobil Tidak Bisa Langsam atau Idle
- Pengaturan Percampuran kurang tepat
Salah satu penyebab mesin mobil Anda tidak bisa langsam adalah percampuran yang kurang tepat antara bahan bakar dan udara. Karena ada pasokan bahan bakar ke ruang bakar yang lebih besar daripada yang dibutuhkan. Salah satu cara untuk mengetahui seberapa tepat pengaturan adalah saat mesin mobil langsam. Jika rpm mesin naik turun menAndakan pengaturan perbandingan bahan bakar dan udara tidak pas. Terutama ketika mesin dihidupkan untuk pertama kali, rpm harus berada di titik stabil saat tidak menginjak pedal gas.
Mesin yang tidak stabil dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar lebih boros dan membuat mesin tiba-tiba mati saat Anda dalam perjalanan. Untuk itu, Anda perlu melakukan uji emisi gas buang. Jika pada hasil menunjukkan jumlah kadar HC dan CO yang sangat tinggi maka menunjukkan bahan bakar yang masuk ke dalam mobil lebih besar daripada yang dibutuhkan. Setelah Anda mengetahui bahwa bahan bakar terlalu besar Anda bisa ke bengkel terdekat. Nantinya bengkel akan melakukan pemeriksaan dan penyetelan rasio bahan bakar dan udara atau yang biasa disebut disebut dengan setel CO. Kemudian untuk melihat hasilnya, Anda bisa melakukan pemeriksaan dengan cara throttle body.
- Karburator Kotor
Pada mesin mobil konvensional, karburator berfungsi untuk menghasilkan tenaga yang optimal dan membutuhkan campuran udara dan bahan bakar yang tepat. Di bagian dalam karburator terdapat saluran bahan bakar dengan ukuran yang sangat kecil. Aliran tidak lancar apabila ada kotoran yang masuk bersama bahan bakar. Akibatnya putaran mesin tidak stabil dan tenaga menjadi berkurang.
Anda bisa membersihkan karburator mobil Anda sendiri. Gunakanlah sarung tangan isolator kemudian pastikan kabel-kabel kutub negatif dari aki terbuka dan buka saringan udara dan rumahnya. Saat membuka filter udara, perhatikan posisinya. Setelah itu buka juga selang-selang yang terhubung ke dalam karburator kabel gasnya. Setelah semua terlepas, saatnya membuka karburator. Bukalah baut karburator kemudian angkat karburator dari manifold. Kemudian lepaskan bagian karburator yang akan dibersihkan.Tapi, perlu diingat untuk tidak membuka spuyer dan pilot jet agar tidak terbalik saat Anda memasangnya kembali. Setelah semua komponen karburator dilepas, langkah selanjutnya bersihkan dengan sikat dan karburator cleaner hingga bersih.
Kemudian semprot semua lubang yang ada di sudut karburator dengan kompresor angin bertekanan rendah. Kemudian setelah Anda yakin semua komponen karburator bersih dan tidak ada kotoran lagi, pasang kembali semua komponen karburator. Saat Anda memasang karburator ke mesin tambahkan sedikit lem untuk mencegah kebocoran, kemudian jangan lupa pasang semua selang dan kabel baterai negatif. Jika semua sudah terpasang, nyalakan mesin dan pasang ulang filter udara dan rumahnya.
Tapi , jika Anda merasa semua langkah terasa sulit dan berat, Anda cukup datang saja ke bengkel langganan atau bengkel resmi untuk membersihkan karburatornya. Biayanya sekitar Rp. 400.000,- sampai Rp. 500.000,-.
- Kerusakan pada Mekanisme Mesin
Penyebab yang ketiga mesin mobil tidak bisa langsam adalah kerusakan pada mekanisme mesin. Terdapat empat siklus mesin saat mesin bekerja yaitu isap, kompresi, usaha dan buang. Jika salah satu siklus yang bermasalah maka siklus tidak akan efektif sehingga mesin mobil tidak bisa langsam.
Beberapa masalah yang timbul akibat kerusakan mekanisme mesin seperti kegagalan kompresi di salah satu silinder bermasalah dan membuat tenaga pembakaran silinder turun. Hal ini mempengaruhi kestabilan dan putaran mesin. Kegagalan kompresi itu sendiri dapat disebabkan dinding silinder, ring piston, liner silinder yang aus dan juga klep mesin yang bocor.
Beberapa ciri-ciri kegagalan kompresi diantaranya adalah mobil susah dihidupkan di pagi hari atau ketika mesin dalam kondisi dingin, oli sering kali habis dan tenaga mesin berkurang. Jika mobil Anda memiliki ciri-ciri seperti yang tadi sudah disebutkan maka tidak dapat yang bisa Anda lakukan selain overhaul mesin atau yang sering disebut turun mesin.
Tips supaya Mesin Mobil Langsam atau Idle Normal
- Bersihkan pipa filter
Kandungan oksigen yang diserap ke dalam bahan bakar akan difilter lewat pipa kemudian dikompresi ke ruang pembakaran. Apabila pipa filter kotor akan menyebabkan filter tidak mampu menyaring oksigen dengan maksimal sehingga kualitas udara di dalam ruang bakar akan menjadi buruk kemudian lama kelamaan menimbulkan kerak berwujud karbon. Jika hal ini terjadi akan membuat pembakaran tidak optimal dan mengakibatkan penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros. Oleh karena dari itu pastikan pipa filter mobil Anda rutin dibersihkan ya.
1. Bersihkan dan Ganti Busi
Jangan lupa untuk mengecek dan membersihkan busi apabila sudah kotor. Anda juga perlu melakukan pengujian pada busi dan koilnya. Koil dan busi merupakan bagian penting karena keduanya berfungsi dalam proses pembakaran, menghasilkan bunga api yang besar agar pembakaran lebih optimal. Busi perlu diganti dengan yang baru apabila salah satu dari busi rusak atau mati.
2. Servis Teratur
Lakukan servis secara berkala pada mesin mobil Anda. Lakukan penggantian oli sesuai dengan stAndarisasi. Bila perlu lakukan setel CO apabila hasil uji emisi gas buang tidak memenuhi standar dan jangan lupa untuk selalu mencuci karburator mobil Anda.
3. Remap ECU
Khusus untuk mobil – mobil dengan teknologi tinggi seperti VVT-I, DOHC dan lainnya. Remap ECU dapat dijadikan pertimbangan bagus untuk memetakan ulang program data yang tersimpan di dalam ECU (Engine Control Unit). Tujuannya untuk meminimalisir pembacaan data eror akibat debu yang menempel di sensor input.
Katup ISC (Idle Speed Control) Kotor
Bagi pengguna mobil dengan teknologi tinggi dengan ECU (Electronic Control Unit) dan EFI (Electric Fuel Injection) yang terpasang pada mobil, Anda bisa melakukan cek ISC. Fungsi ISC adalah menjaga putaran mesin tetap dalam kondisi stabil yaitu saat masih dingin tanpa AC berkisar 1000 rpm hingga suhu kerja mesin tercapai dan merubah ke posisi idle berkisar 700 rpm yang biasanya ISC diatur oleh ECU. Ciri –ciri ISC bermasalah adalah mesin mobil tidak bisa langsam. Jika hal ini terjadi Anda perlu membawanya ke bengkel resmi terdekat dengan rumah Anda.
Menjaga mesin mobil agar bisa langsam adalah hal yang bisa dibilang lumayan susah. Baik dari segi perawatan maupun penggantiannya. Namun Anda perlu mengetahuinya agar mesin mobil tidak bisa langsam kembali menjadi benar. Sebab jika dibiarkan bisa berakibat Anda harus overhaul. Jangan sampai mobil Anda mengalami hal seperti ini ya!